layar yang bisu dan tanpa daya menjadi tempat yang tepat untuk tumpahkan semua. objek yang tidak akan pernah jadi subjek. tanpa komplikasi. tanpa kompromi. sesederhana itu.

Thursday, March 20, 2008

keluh kesah mahasiswa

Hari ini saya memaksa diri untuk mulai kembali menjadi mahasiswa lagi. Belajar mandiri: membaca bahan-bahan kuliah dan mulai melakukan riset untuk keperluan tugas yang jatuh tempo 3 minggu lagi. Tiga minggu memang terdengar seakan masih seabad lagi. Tapi percayalah, tidak demikian halnya apabila dalam 3 minggu ke depan ada 2 tugas berbeda plus beberapa acara bersama teman-teman sudah menanti. Apalagi saya pun tidak mau menghabiskan akhir minggu saya dengan memikirkan dan mengerjakan tugas. Jadi otomatis, waktu saya hanya ada 5 hari dalam seminggu dimana 2 hari di antaranya pastilah tidak efektif karena paling tidak 6 jam dalam masing-masing hari akan terbuang dalam perjalanan ke kampus, kuliah dan bersosialisasi dengan kawan-kawan sekelas. Belum lagi jam tidur saya yang panjang itu, plus tentu saja kebutuhan saya untuk selalu berkomunikasi dengan beberapa orang yang kadangkala sebentar saja tapi sering pula memakan waktu hingga berjam-jam lamanya di dunia maya. Jelaslah sudah bahwa waktu 3 minggu adalah waktu yang teramat sempit. Tapi seperti laiknya mahasiswa nirteladan, di tengah kesadaran waktu yang demikian pendek untuk mengerjakan 2 essai sepanjang 5750 kata, saya tetap saja bergeming. Bermalas-malasan dan hampir setiap 20 menit sekali melongok halaman facebook, friendster, blog kawan-kawan dan surat elektronik. Bah, malas betul saya ini. Dan tiap kali saya sadar betapa malasnya saya, maka pembenaran pun berkelibat di kepala. This too shall pass. Jadi yah, biarpun sekarang bermalas-malasan tapi toh nanti akan selesai juga, hahaha… Yakinlah saya, semua pasti akan mengerutkan dahi dan bertanya bagaimana mau selesai kalau terus menerus ditunda? Yah… namanya juga pembenaran… tidak perlu masuk akal, yang penting membuat hati sedikit tenang dan tidak terlampau stress.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home